Kamis, 19 September 2013

Congraduation!


Wisuda.

Sebuah kata yang perlu perjuangan luar biasa untuk sampai kepadanya. Hal yang banyak diimpikan oleh para mahasiswa, untuk membuat orang tua mereka bangga tentunya. Jalanan yang tak selalu mulus, hujan yang sering datang tiba-tiba, dan terkadang harus jatuh tersungkur hingga akhirnya kembali bangkit dan melanjutkan perjalanan.

Variabel yang diganti tiba-tiba, dosen yang susah ditemui, revisi yang harus jadi esok hari, adalah hal yang biasa ditemui dalam perjalanan menuju sebuah kelulusan. Dan wisuda, adalah perayaan dikala kita sudah berhasil melalui itu semua.

Riweh. Itu adalah kata yang tepat untuk menggambarkan bagaimana persiapan yang harus dilakukan sebelum wisuda tiba. Kebaya apa yang akan dipakai, pe-rias mana yang akan gue undang ke kos untuk make-up in gue, serta berburu undangan extra yang jumlahnya terbatas untuk kedua eyang gue.



29 Agustus 2013

Hari itu datang juga.
Gue bangun pagi, bergegas siapin ini itu, lalu gue segera berangkat ke Semarang menuju kos lama gue untuk pinjam kamar Inggan buat make up. Jam 11 gue baru mulai make up padahal acara dimulai jam 12.15 WIB. Dudut banget ya gue, jam make up mepet gitu sama acaranya. Ditambah lagi, Gadis yang jemput gue juga telat. Gadis baru jemput gue jam 12.45 WIB. So, gue telat ke acara wisuda dan nggak bisa masuk. Iya, nggak bisa masuk!

Gue diruang belakang sama panitia yang notabene panitianya itu dosen-dosen yang gue nggak kenal itu siapa. Dan malunya lagi, gue telat sendirian. Sampai akhirnya dateng anak S2 dan gue lihat dia bukan orang Indonesia. Dia ngajakin gue kenalan, lalu dia bilang, “Subhanallah, sampeyan ayu”. Gue langsung ngakak ngedenger bule ngomong kaya gitu. Kita ngobrol-ngobrol sampai tiba-tiba dia ngerayu gue terus dia bilang gue mau diajak ke negaranya, diajakin married, dan dia janji ngebuat gue bahagia. Aaaa gilaa bule juga bisa ngerayu ternyata haha.

Selain ngobrol sama bule-tukang-rayu itu, gue juga ngobrol-ngobrol sama dosen-dosen dan pegawai yang ada disana. Ngobrol masalah kerjaan, kuliah, kampus. Disana kita juga ketawa-tawa karena omongan bule itu haha. Ngelihat gue ketawa, Pak Dosen bilang, “Nah kan, kalau kamu nggak telat kamu nggak bisa ketawa kaya gini. Di dalam ruangan kamu harus anteng ngedenger sambutan-sambutan”. “Iya sih, Pak. Tapi disini nggak ada temen-temennya,” jawab gue. “Lha kan bisa lihat temen-temennya dari sini, itu keliatan,” sambil nunjuk kaca depan yang langsung terlihat dalam ruangan.

Selain itu, gue jadi translater dadakan karena kebanyakan panitianya nggak bisa ngomong English. Contohnya nih ya, ada ibu-ibu dateng ngajakin ngomong bulenya. Bulenya nggak ngerti. Terus si Ibu ngeliatan gue lalu ngomong, “Mbak, tolong bilangin sama dia saya mau ngambilin snack, saya minta kuponnya. Terus bilang jangan bawa masuk ke ruangan gitu ya”. Gue translate-in dan bilang sama dia yang diomongin ibunya tadi.

Waktu untuk gue masuk tiba juga. Jadi, gue masuk ditengah-tengah acara, mumpet dibelakangnya pak Dosen yang masuk ke ruangan haha. Sampai akhirnya nama gue dipanggil ke depan buat nerima ijasah. Huwow! Rasanya bahagia! Gue udah dapet ijasah! Gue udah lulus! Gue udah jadi sarjana!

Setelah acara selesai, sekitar pukul setengah 5 sore, gue keluar ruangan kaya anak ilang karena gue nggak tahu Gadis sama Endah pada kemanaah. Telfon nggak bisa, BBM pending. Alhasil gue berjalan tanpa arah sampai akhirnya ketemu Varda. Lalu kita jalan lagi ketemu mereka. Horay! Kita foto-foto tentunya!

Foto-foto sama Willy - Gadis - Endah - Varda

I love you, guys *cium satu-satu

Foto sama Vherlly. Temen kuliah, partner ngerjain tugas, temen hang out, temen seperjuangan, dan semoga temen sampai kakek nenek nanti! Aamiin

Setelah itu, kita berempat (gue, Gadis, Endah, Varda) langsung meluncur cari makan. Laper banget karena kita pada belum makan dari pagi. Akhirnya kita ke KFC. Ngasih makan cacing-cacing di perut yang udah teriak-teriak daritadi. Setelah puas makan kita balik dulu ke kos lama gue buat ambil barang-barang gue lalu ke kos Gadis buat mandi dan siap-siap kumpul sama anak-anak Gombongers. Gue terharu mereka nyiapin acara buat kumpul bareng yang tanggalnya nyesuaiin sama tanggal wisuda gue.

Kali ini kita kumpul di Super Penyet. Gue nggak pesen makan karena masih kenyang. Dan bahagianya gue ketika melihat sesosok Adi datang! Iya, Adi datang! Adi yang telah lama hilang haha. Adi itu personil Gombong yang paling jarang kumpul. Kalo Adi rangking satu, gue rangking dua karena gue juga jarang kumpul sama mereka, tapi masih mending gue, gitu. Hihi. 

Nih liat! Ada Adi kan :D Gilaaa gue bahagia kumpul sama kalian, guys!

Puas makan, kita lanjut karaoke-an. Gue baru pertama kali ikut mereka karaoke-an. Mereka uda sering kumpul karaoke-an, dan ternyata gila! Mereka nyanyi-nyanyi dari lagu pop, rock, jazz, sampai dangdut pun dinyanyiin. Aaaa gue bahagia hari itu. Gue nggak mau waktu segera berlalu hingga akhirnya kita harus pisah lagi buat pulang ke kos masing-masing. Hari itu, gue nginep kos Gadis dan pulang ke Salatiga esok hari.


31 Agustus 2013

Kalau yang kemarin itu Wisuda Universitas, kali ini Wisuda Fakultas. Normalnya, Wisuda Fakultas diselenggarakan lebih dulu sebelum Wisuda Universitas. Tapi untuk kali ini, dikarenakan hal ini itu akhirnya Wisuda Fakultas diselenggarakan setelah Wisuda Universitas.

Jam 3 pagi gue udah bangun. Lalu bergegas dan bersiap menuju salon dianter papa. Pukul setengah empat gue udah mulai make up dan disela make up gue minta waktu buat break solat subuh dan setelah solat subuh make up dilanjutkan kembali.

Jam 5 pagi, papa uda jemput gue ke salon. Di dalem mobil udah ada mama, papa, adek gue, dan adek sepupu gue. Lalu kita menuju rumah mbah putri (mamanya papa). Dalam perjalanan, eh ternyata undangan gue ketinggalan, balik lagi ke rumah deh. Karra bego banget ya. Papa segera puter mobil balik ke rumah. Gue turun dari mobil lari-lari ke rumah ambil undangan lalu balik lagi ke mobil. Mobil segera meluncur ke mbah putri, lalu selanjutnya ke rumah mae-mae (mamanya mama).

Hari sebelumnya, gue bohong sama papa kalau disuruh kumpul jam 6 (padahal aslinya 6.30 WIB, karena pengalaman telat kemarin). Mau ngomong kalau sebenernya gue bohong, tapi gue takut. Soalnya gue nggak pernah bohong sama ortu, nanti kalau gue bilang yang sebenernya papa nggak percaya lagi sama gue. Papa pun udah kaya pembalap. Nyetirnya subhanallah ya, bikin jantung senam pagi. Nggak ada sejam kita udah nyampe di gedung Prof. Soedharto. Soedharto pun masih sepi. Mungkin kita masuk sepuluh besar mobil yang nyampe Soedharto duluan.

Dan lagi-lagi, gue bego. Gue lupa kalau papa disuruh pake kemeja batik lengan panjang. Eva gue telfon nggak bisa. Gue yakin ini anak belum bangun. Aaaa beneran, gue takut dimarahi papa. Papa kalau uda marah serem. Gue mikir siapa lagi temen gue yang baju ayahnya bisa dipinjem. Kayanya sih emang nggak ada.

Gue udah disuruh baris. Papa ilang nggak tahu kemana. Dan ternyata jam 7 pun kita masih disuruh baris didepan. Kemarin aja gue telat acaranya on time. Sekarang gue pagi banget acaranya molor lamaaa. Dan saat gue udah disuruh masuk, mama papa udah didalem dan papa udah pake baju batik entah dapet darimana.

Acaranya ya gitu-gitu sih. Sampai akhirnya nama gue dipanggil. Kali ini maju sama mama. Harusnya sama mama papa. Papa ilang lagi. Kata mama papa nggak betah di dalem. Entah, gue nggak tahu mama papa bangga apa engga ngelihat gue wisuda hari ini. Semoga, papa bangga dan mama bahagia :”)

Acara selesai. Gue keluar. Nemuin temen-temen dulu, foto-foto. Kalau di Wisuda Universitas kemarin acara gue sama temen-temen gue, Wisuda Fakultas ini gue mau habisin waktu sama keluarga gue. Sedih juga nggak bisa kumpul lama sama mereka. Tapi mau gimana lagi, niat gue dari awal memang gitu. Wisuda Univ sama temen-temen, Wisuda Fakultas sama keluarga.

Cepet nyusul ya Eva ya! Semangat ngerjain skripsinya sayangg :*

Ah kalian! Selalu ada saat suka maupun duka :")

Setelah foto-foto sama temen-temen, walaupun kurang puas, kita sekeluarga melanjutkan perjalanan menuju studio foto. Foto-foto lagi! Gue merasa beruntung masih punya nenek. Mereka ngelihat gue wisuda, ngelihat gue dipanggil maju ke depan. Papanya papa meninggal 4 tahun lalu, tepat sebelum gue masuk kuliah, sekitar Agustus 2009. Dan papa tiri mama yang udah gue anggep kakek kandung gue, meninggal tepat setelah gue dinyatakan lulus sidang, 23 Juni lalu.

Photo session kurang lebih satu jam. Kenapa lama? Kita ketawa-tawa mulu di dalem sampai bener-bener dicari foto yang paling bagus. Entah sudah take berapa kali. Dan akhirnya kepilih 8 foto yang mau kita cetakin.
Atas (kiri-kanan): Tante gue (adik mama) namanya Sinta kuliah di Undip juga - gue - mbah putri - mae mae. Bawah (kiri-kanan): adek sepupu gue - papa - mama - adek gue yang masih SMP tapi udah bongsor kaya anak SMA.
Selesai foto kita menuju ke Ungaran, rumah eyang gue, kakaknya mae-mae. Disana cuma mampir bentar, dan tentunya foto-foto lagi! Abis itu kita menuju rumah makan mengisi kekosongan perut sedari pagi. Di sini kita juga foto-foto. Foto again, and again ~


Hingga akhirnya selesai makan kita nganterin mae-mae sama tante gue pulang, lalu mbah putri sama adek sepupu gue pulang, dan kita akhirnya sampai rumah. Hari itu berlalu juga, dan gue merasa bahagia.


PS.

I love you mama, papa, adek :")
Mama, papa, toga yang aku pakai kemarin buat mama papa. Semoga mama papa bangga ngelihat aku. Semoga mama papa ngerasa bahagia aku akhirnya menjadi Sarjana dan perjuangan mama papa nggak sia-sia. Perjuanganku yang sebenernya baru akan ku mulai setelah ini. Doain aku ya Ma, Pa. Biar jadi orang sukses, bisa buat bangga mama papa, bisa buat bahagia mama papa, bisa jadi anak yang mama papa harapkan dan cita-citakan.

Special thanks to Endah yang udah jadi temen curhat H-1 sebelum wisuda dan dateng ke wisuda gue. Gadis yang udah ngejemput, dateng ke wisuda, dan kasih tumpangan nginep. Inggan yang udah minjemin kamar buat make up.

Terimakasih juga buat temen-temen gue yang udah meluangkan waktunya buat datang ke acara wisuda gue. Especially  Varda, Eva, Sindunata, Cholid. Gue nggak tau apa artinya wisuda gue tanpa kalian. Dan semuanya yang udah kumpul tanggal 29 malem.

And last but not least, semua orang yang udah ngasih gue gift buat graduation gue. Thank you so mucho! :*

Bahagianya gue dapet tas baru! Dapet boneka baru (fyi, semua boneka dikamar gue nggak ada yang gue beli sendiri hihi). Dapet danbo yang jadi kesukaan gue. Dapet foto anak-anak gombong dalam sebuah mug lucu. Dan ini yang pengen gue awetin tapi nggak ngerti caranya: bunga. Tapi yang paling penting, kalian ngebuat gue merasa kalau gue berharga di mata kalian. Thank you so mucho!



PS (lagi).
Kalau kalian wisuda jangan telat kaya gue ya.



Regards,
Karra


Tidak ada komentar:

Posting Komentar