Minggu, 08 April 2012

Tentang Angkot





Well, angkutan kota atau biasa di kenal dengan angkot emang nggak bisa lepas dari kehidupan gue. Bagaimana tidak? Dari kecil gue udah biasa naik angkot. Kalo gue sama nyokap mau jalan-jalan dan bokap nggak mau nganterin ya gue sama nyokap naik angkot. Disamping waktu itu motor cuma ada satu, nyokap gue sampai detik inipun nggak bisa yang namanya naik motor (―˛―")

Sampe gue SMA pun gue masih naik angkot, begitupun waktu kuliah semester-semester awal. Gue baru pake motor sendiri kuliah semester  4. Itupun setelah bertahun-tahun merayu bokap gue biar di ijinin naik motor. Susah banget pokoknya dapetin ijinnya. Soalnya kelas 3 SMP—gue mulai bisa naik motor kelas 6 SD—gue pernah kecelakaan waktu naik motor, dan itu berakhir fatal. Adek gue yang ngebonceng gue waktu itu kakinya patah, alhasil dia harus di kursi roda setahun lamanya. I’m so sorry my beloved sista *masih merasa bersalah sampai sekarang*. Dan gue waktu itu mengalami gegar otak ringan. Efeknya? Gue gampang sakit, punya masalah dikit aja langsung pusing, terus tepar beberapa hari, dan dengan gampangnya berat badan gueturun (kalo yang bagian ini agak menguntungkan juga sih, gue nggak perlu capek-capek diet (―˛―")

Oke, disini gue bakal share pengalaman gue ber-angkot ria. Sebenernya sih pengalaman gue tadi sore. Ada beberapa pengalaman sih, tapi yang lain gue simpen dulu ya :p

Begini ceritanya…

Tadi sore gue balik dari Salatiga, menuju Semarang karena memang itulah yang selama ini terjadi hampir tiga tahun ini. Gue harus bolak-balik Salatiga-Semarang dikarenakan asal gue Salatiga tapi saat ini gue sedang menuntut ilmu di Semarang. Mudah-mudahan membawa berkah buat keluarga gue nantinya. Amin ya Allah.

Nah, ada beberapa cara agar gue bisa sampai kosan:
1.       Naik bus dari salatiga – turun di ADA Swalayan – minta jemputan – sampai deh dikosan
Tapi cara ini jarang gue pakai, gue paling nggak suka ngrepotin orang, kalo nggak kepaksa banget ya gue nggak mau.
2.       Naik bus dari salatiga – turun di ADA Swalayan – naik angkot sampai patung kuda – minta jemputan :p
Dan ini juga jarang gue pakai. Pokoknya segala sesuatu yang mengharuskan gue minta tolong sama orang sebisa mungkin bakal gue hindari.
3.       Naik bus dari salatiga – turun di ADA Swalayan – naik angkot sampai patung kuda – naik angkot sampai jalan tembalang selatan – jalan sampai kosan
Iya, kosan gue nggak pinggir jalan pas turun angkot, jadi kos gue di perumahan gitu, perumahannya di pinggir jalan yang enggak di lewatin angkot. Mau gue gambarin denahnya tapi gue males hehe. Dan karena pada dasarnya gue orangnya males jalan, gue agak malas naik angkot, gue lebih sering menggunakan cara yang no 4 yaitu
4.       Naik bus dari salatiga – turun di ADA Swalayan – naik angkot sampai patung kuda – naik ojek – langsung depan kosan :p
Walaupun agak mahal tapi gue nggak usah capek-capek jalan kan?
 Masih ada satu cara lagi yaitu
5.       Naik bus dari salatiga – turun di ADA Swalayan – naik taxi – sampai depan kosan
Cukup nyaman emang karena nggak perlu oper-oper tapi kalo nggak kepaksa gue ogah, sayang uangnya (ˇ_ˇ’!l)

Dan tadi sore waktu gue pulang dari salatiga, sewaktu gue masih di bus, hujan turun dengan lebatnya, dan gue nggak bawa paying. Perfect!  Gue pun memikirkan gimana nanti setelah gue turun dari bus? Nggak mau repot gue milih cara no 5. Taxi! Jadi habis turun dari bus gue nunggu taxi, lalu ada bapak-bapak yang biasa nyariin taxi nanyain gue, “Mau naik taxi mbak? Emang mau kemana?” tanyanya. “Tembalang Selatan, Pak” jawab gue singkat. “Minimalnya 20 ribu mbak, gimana?” lanjutnya kemudian. “Saya nunggu hujan reda kok, Pak” dan gue bohong! Kenapa? Karena gue mikir ulang, 20ribu tuh sayang loh, gue bisa makan dua hari, maklum anak kosan, jiwa pelitnya begitu tinggi. Biasanya gue naik taxi dari situ ke kos cuma 15, kenapa jadi 20? Selisih 5ribu sih, tapi itu bisa gue pake buat bayar parkir di kampus selama 10 hari! *Kar, pelit lo emang ya*

Berfikir dan berfikir. Gue gimana pulangnya? Galau pun mendera *please Kar nggak usah lebay*. Gue pun menunggu hujan reda, tapi masalahnya sampai kapan gue betah nunggu? Gue pun memutuskan untuk naik angkot dan lalu naik ojek kaya biasa. Nggak papa lah kehujanan dikit, gue nggak boleh manja! Sampai di patung kuda, gue turun lalu bergegas menuju ke pangkalan ojek. Tapi sebelum ke pangkalan ojek, gue berteduh dulu di sebuah counter handphone. Di sini, gue galau lagi. Yakin nggak ya mau naik ojek sementara hujan main kroyokan gitu. Apalagi badan gue lagi nggak fit dan bentar lagi gue exam. Gue nggak mau tambah parah. Kalo naik angkot, gue perlu jalan beberapa ratus meter untuk sampai di kosan—tanpa payung. Sama aja hujan-hujan kan?

Oke, gue putuskan naik angkot. Nggak papalah kehujanan beberapa ratus meter. Sekali lagi, gue nggak boleh manja! Gue pun milih duduk di depan. Gue nggak ada maksud pdkt sama abang-abang angkot ya. Beneran nggak ada! Tapi ada satu misi yang harus gue jalankan.

Setelah penumpang penuh, angkot jalan. Setengah jalan, penumpang pada turun, tinggal 4 orang termasuk gue. Angkot jalan lagi, turun satu lagi, tinggal 3 termasuk gue. Nah, gue pun memeberanikan diri ngomong sama bapaknya, “Pak, nanti tolong angkotnya masuk di Tembalang Selatan ya,” kata gue kemudian setelah ngobrol-ngobrol ringan sama bapaknya. “Iya mbak, tapi terakhir ya,” jawabnya. “Iya pak, nggak papa,” dengan senyum sumringah ceria gembira bahagia karena gue nggak harus hujan-hujan! :D

Singkat cerita, gue di anterin bapak angkot sampai depan kosan! Bayar 5000 perak! Nah lo, lumayan kan ngirit 15000 daripada gue naik taxi. 15000 bisa gue pake buat makan atau ngeprint tugas atau beli bensin buat 2 minggu! :D

Makasi bapak angkot ! :D

*Eh gila lo nyet, cerita panjang lebar gini intinya gini doang?
*Iya, emang kenapa?
*Gue pikir apaan
*Ahahai salah siapa mau baca :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar