Kamis, 04 Oktober 2012

SEPTEMBER






Tulisan ini sebenernya udah gue buat beberapa hari yang lalu, cuma baru sempet posting sekarang. Dan inilah, yang gue rasain waktu itu :)



September 2012

Banyak hal yang telah terjadi selama sebulan ini. Banyak hal yang telah memberiku pelajaran dan pengalaman. Banyak hal yang nantinya cukup manis untuk di kenang. Dan di sini, banyak hal yang ingin gue bagi, gue tulis, dan gue ceritakan.

Well, emang sudah terencana sebelumnya, terjadwal lebih tepatnya bahwa bulan September adalah waktu buat gue kerja praktek di Petrokimia, Gresik. Gue belum pernah ke Jawa Timur sebelumnya dan inilah untuk pertama kali gue hidup di daerah Jatim. Nggak pernah terbayangkan sebelumnya satu bulan hidup dan tinggal di kota orang, tanpa bisa sekali pun ketemu sama orang tua karena jarak Semarang-Gresik bukanlah jarak yang bisa di bilang dekat.

Seringkali gue ngeluh di tengah jalan. Kangen mama, kangen papa, kangen adek, kangen rumah, kangen Salatiga. Nggak jarang gue nangis di kamar mandi. Gue nggak bisa nangis gitu aja di kamar kaya gue di Semarang karena di sini gue sekamar berdua sama temen gue. Pernah sih nangis sekali di kamar pas udah malem dia udah tidur dan gue masih terjaga.

Sekilas tentang Gresik dan nggak bermaksud menjelekkan, sepertinya untuk orang seperti gue cukup susah untuk hidup di kota semacam ini. Laundry mahal, ngeprint fotocopy juga mahal, cari makan susah, dan yang paling penting di sini nggak ada mall. Dan di hari libur, di saat gue pengen nge-mall gue harus ke Surabaya dengan naik angkot yang seperti itu adanya dan mau nggak mau lo harus naik itu. Selama kerja praktek gue menyempatkan diri nge-mall di minggu pertama dan kedua. Di salah satu mall yang cukup gede di Surabaya ini, gue sama Eva menemukan adanya korelasi antara baju di mall dan juga jodoh. Kita memberi nama Filosofi baju dan gue akan nulis tentang Filosofi baju ini suatu hari di blog gue.

Tentang kerjaan gue di kantor, nggak seperti yang gue kira. Gue kira di situ tiap hati gue di ajak pembimbing keliling plat sambil di jelaskan alat ini dan itu, dan hanya private berdua sama Eva. Ternyata enggak seperti itu. Minggu pertama kita semacam di kumpulin di dalam aula dan di beri tahu apa-apa aja yang ada di pabrik secara umum. Baru di minggu ke dua dan ke tiga kita ke divisi kita masing-masing yang telah di tentukan sebelumnya di surat yang kita terima sebelum kita berangkat ke sini. Kerjaan kita selama dua minggu itu, di jelasin apa aja yang ada di Produksi I tempat gue kerja dan juga tour plant. Sebelum tour plant kita sekilas di kasi penjelasan tentang proses produksi baru setelah itu tour plant. Pembimbing kita selama tour plant itu seumuran sama gue, ada juga yang lebih muda. Mereka kelahiran 92 juga 93. Lulusan SMK yang langsung kerja. Di sini, gue belajar, di saat seumuran mereka gue masih suka jalan-jalan, foya-foya, minta uang sama orang tua tapi mereka udah ngumpulin uang, ngasih uang ke orang tua. Beda banget sama gue. Dan gue, harus segera ngejar deadline yang telah gue susun, lulus 2013! Lalu kerja dan gantian ngasih uang ke orang tua :)

Minggu ketiga akhir minggu (baca: hari Jumat), gue udah di kasih tugas khusus. Karena ini bukan bidangnya pembimbing gue, gue harus ke pembimbing lain. Dan di sini gue menemukan ranting yang sebenarnya kalo bisa gue ambil, gue bakal ambil! Ini ranting yang bagus, yang mungkin ranting ini yang selama ini gue cari. Muslim, process engineer, masih muda, ganteng, pinter, kece! Gue pertama lihat dia pas minggu kedua tapi waktu itu gue ngerasa biasa aja, cuma pas dia ngasi penjelasan materi gue mikir, ‘Ini cowok lumayan juga, charisma nya keluar pas dia dengan lancarnya ngejelasin process produksi.  Dan memang gue suka cowok pinter.’ Udah gitu doang. Dia hanya seseorang yang numpang lewat di hidup gue. Seorang figuran dalam perjalanan yang harus gue lewati dan pada akhirnya hanya jadi kenangan.

Pada akhirnya waktu berlalu dan sudah tiba saatnya untuk gue balik ke Semarang. Pulang ke Salatiga. Rasanya itu bahagia, seneng banget pokoknya! Baru ngebayangin aja seneng banget gue. Dari Surabaya lalu ke Semarang terus lanjut naik bus ke Salatiga. Di sambut mama, papa, adek dengan tawa. Kumpul bareng-bareng. Seneng rasanya! Tapi ternyata harapan tak sesuai dengan kenyataan. Bukan itu yang gue temui begitu gue sampai rumah.

Satu bulan nggak di rumah, terjadi suatu hal yang begitu berat. Nggak hanya buat mama gue, papa gue, tapi ini buat orang serumah termasuk gue dan adek gue. Suatu hal yang nggak bisa gue ceritain di sini. Dan memang ujian yang lagi dateng ke mama berat banget kayanya.

Dan sekarang, saat nya gue buat mikir. Mama Papa itu berjuang keras buat gue kuliah. Kerja keras gimana caranya bisa bayar sekolah gue dan gue lanjut terus sampai titik akhir tanpa berhenti di titik tengah. Dan itu nggak fair kalo gue nggak niat kuliah dan cuma punya IP pas-pasan. Gue harus bisa ngebales perjuangan mama papa dengan IP tinggi, lulus cepet, dan nanti langsung dapet kerja, gaji tinggi, jadi wanita karir yang sukses! Iya gue pengen jadi wanita karir, makanya pas cari ‘calon’ gue mau orang yang kasih ijin buat gue kerja karena banyak hal yang ingin gue lakukan untuk ngebales perjuangan mama papa gue sekarang. Gue nggak mau nantinya gue hanya berdiam diri. Inget muka gak biasa Papa semalem, lihat mama nangis tadi pagi, rasanyaaaa ahh! *Kan kan Karra ngetik sambil nangis kan! Cengeng!*

Well, gue akan berusaha sebaik mungkin yang gue bisa, untuk buat mama papa bangga, untuk buat mama papa bahagia, untuk buat mama tersenyum, untuk buat papa tertawa, untuk buat mama papa nggak di pandang remeh lagi sama orang lain, mewujudkan apa aja yang mama papa minta, mewujudkan apa aja yang mama papa pengen. Apapun! Hanya untuk mama papa! Iya, gue janji!


Salatiga, 30 September 2012
Karra

Kenang-kenangan dari Gresik - Ini aku buat waktu perjalanan pulang dari plant ke kos, aku ambil daun-daun kering dari penggir jalan lalu aku buat tulisan seperti itu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar